Berita GKMI

Berlari sampai Tujuan

| Kamis, 05 Januari 2023

Kamis, 22 September 2022, merupakan hari bersejarah bagi GKMI Pengharapan Cabang Kalimalang. Tanggal cantik yang dipilih mengisyaratkan momentum yang sungguh indah bagi seluruh jemaat, pengurus, dan Hamba Tuhan GKMI Pengharapan Cabang Kalimalang. 

Pada tahun 1998 terbentuklah ibadah perdana di Ruko Intract, Jatibening, dan di tahun yang sama lahirlah GKMI Rawamangun Pos Jatibening. Pos ini kemudian berkembang dengan nama Cabang Kalimalang. Pada Tahun 2011, cabang yang terus bertumbuh ini pindah ke ruko mandiri empat lantai di Ruko Galaxy. Dan di hari istimewa ini, Cabang Kalimalang menjadi gereja dewasa, anggota Sinode GKMI yang ke-71, dengan nama GKMI Kalimalang. 

Prosesi awal Ibadah Pendewasaan gereja diiringi dengan lagu “Kau Allah yang Kudus”. Ibadah dihadiri oleh Ketua Umum Sinode GKMI, para Pendeta dan Hamba Tuhan PGMW I; salah satu tokoh perintis, Bp. Dani Pribadi; serta seluruh anggota jemaat dan tamu undangan. Pdt. Eddy S.S. selaku Gembala Jemaat GKMI Pengharapan membuka dengan votum dan salam, tanda ibadah telah dimulai. 

Jemaat terlihat sangat bersukacita dan penuh antusias dalam memuji dan memuliakan nama Tuhan. Firman Tuhan dengan tema “Berlari Sampai Tujuan” disampaikan oleh Ketua Umum Sinode GKMI, yaitu Pdt. Agus W. Mayanto. Beliau menyampaikan, “Gereja dewasa bukan sebuah tujuan tapi sebuah keniscayaan. Dalam pada itu, gereja ditantang untuk siap menapaki hari-hari ke depan yang penuh dengan tantangan, rintangan, bahkan permasalahan yang ada. Sama seperti seorang pelari yang berlari untuk sampai ke tujuan dengan tepat, maka diperlukan latihan dan persiapan yang matang. Gereja menjadi dewasa berarti sudah punya persiapan melangkah ke depan. Gereja berdiri bukan hanya euforia belaka. Namun gereja berdiri karena pertobatan, keputusan orang percaya, dan komitmen kepada Kristus.” 

Firman Tuhan yang diberitakan disambut jemaat dengan pujian “Semua Kar’na Anugerah-Nya” diikuti liturgi pendewasaan dan pelantikan Majelis Jemaat Perdana GKMI Kalimalang yang dipimpin oleh Pdt. Eddy S.S. Setelah berdoa, Pdt. Eddy S.S., Pdt. David S.S., dan Ketua Majelis Jemaat Ibu Syafitri Murni bersama-sama membuka banner bertuliskan “GKMI Pengharapan cabang Kalimalang” untuk memunculkan tulisan di baliknya, yaitu “GKMI Kalimalang”.

Suasana sukacita pun menggema, diiringi dengan tepuk tangan dan sorak-sorai jemaat. Tak ketinggalan pula, semarak confetti yang dikeluarkan untuk menambah kemeriahan suasana. Pujian “Percaya Patuh” dilantunkan sebagai bentuk respon akan panggilan Hamba Tuhan yang senantiasa percaya dan patuh kepada Allah. Pdt. David Sarju S. kemudian ditahbiskan sebagai Gembala Jemaat GKMI Kalimalang. “Halangan terbesar untuk menjadi lebih baik adalah menganggap diri sudah cukup baik. Orang yang menganggap diri demikian merasa diri sudah dekat dengan tujuan,” tutur Pdt. David, “Anggapan ini akan sirna apabila dia menilai diri berdasarkan tujuan yang ada di depan. Apa yang memotivasi Paulus untuk melayani? Memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. Bagaimana caranya? Yaitu dengan berlari-lari sampai tujuan,” lanjutnya.

Suasana khidmat sangat terasa saat pembacaan sejarah gereja yang disampaikan oleh Bp. Soejanto. Dengan gaya story telling, beliau berkisah tentang sejarah GKMI Kalimalang. “Gereja yang dipercayakan Tuhan ini adalah rumahmu. Rumah kita bersama. Jika ada sesuatu yang terjadi dengan rumah ini, misalnya ada yang bocor, ada yang retak, maka kamu wajib memperbaiki, menjaga, dan merawatnya. Jangan terus kamu tinggal dan kamu abaikan. Ini adalah sebuah komitmen yang patut dihidupi bagi gereja dan pelayanannya,” demikian pesan beliau.

Vocal group gabungan dari setiap komisi tampil menyanyikan lagu pujian berjudul “Berlari sampai Tujuan”. Lagu digubah spesial untuk GKMI Kalimalang, sebagai hadiah atas pendewasaan gereja. Acara diikuti sambutan-sambutan dari Bp. Anton Sri Probiyantono selaku Ketua Panitia Pendewasaan Gereja, Ibu Syafitri Murni selaku Ketua Majelis Jemaat Perdana, Pnt. Priscila Soegiarti sebagai Ketua Majelis Jemaat GKMI Pengharapan, Pdt. David Triwahyutu selaku wakil dari BAMAG Kota Bekasi, Pdt. Yesaya Abdi sebagai wakil dari BPH Sinode GKMI, dan Pdt. Eddy S.S. mewakili sambutan dari PGMW I.

Acara dilanjutkan dengan persembahan dan pujian penutup “Kau Rajaku” sebagai bentuk pengagungan dan penghormatan kepada Tuhan Yesus Kristus, Sang Kepala Gereja. Doa berkat disampaikan oleh Pdt. David Sarju.

Sesi foto bersama dilanjutkan dengan ramah-tamah untuk menikmati santapan makan malam yang telah disediakan oleh panitia. Puji Tuhan, semua acara berjalan dengan baik dan lancar, semuanya atas penyertaan-Nya yang luar biasa bagi GKMI Kalimalang. Terimakasih untuk dukungan doa, dana, dan kehadiran Bapak, Ibu, dan Saudara sekalian untuk terselenggaranya acara Pendewasaan Gereja, GKMI Kalimalang. Tuhan Yesus memberkati kita semua.