Berita GKMI

Iman, Berdoa, dan Murah Hati

| Sabtu, 23 September 2023

Sabtu, 24 Juni 2023, sudah terlihat kesibukan di GKMI Getsemani, Tangerang dalam rangka acara Sekolah Injil Liburan (SIL) yang diselenggarakan oleh Komisi Anak Agape. Setelah 3 tahun lamanya pandemi, SIL kembali diadakan untuk mengisi liburan kenaikan kelas anak-anak Komisi Anak dengan pengenalan akan Injil. Pada kesempatan ini, kerinduan mengenalkan Kristus pada jiwa baru, mendorong Komisi Anak Agape mengundang anak-anak SD Anugerah Kudus yang terletak tepat di depan gereja untuk menghadiri acara.


Dengan keterlibatan Komisi Youth GKMI Getsemani sebagai volunteer, SIL berlangsung dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB dan dihadiri oleh 65 anak yang semuanya sangat antusias mengikuti setiap kegiatan yang telah dipersiapkan. SIL dimulai dengan ibadah bersama di Ruang Kebaktian. Kedua worship leader (WL) yang menggunakan kostum dino sukses membuat anak-anak bahagia sehingga mereka menyanyi dan bergoyang ria memuji Tuhan. Tak lupa, WL juga mengajarkan anak-anak tagline acara SIL. Ketika WL mengatakan “SIL 2023” maka anak-anak menjawab, “Iman, berdoa, murah hati,” dengan menggunakan gerakan yang diajarkan. 


Dalam acara SIL, Komisi Anak Agape mengajarkan tiga tokoh Alkitab. Penyampaian cerita ketiga tokoh tersebut dibagi ke 3 ruangan yang berbeda; kelas TK-2 SD, kelas 3-4 SD, dan kelas 5-6 SD. Masing-masing kelompok secara bergilir masuk ke ruang kelas yang berbeda untuk mendapatkan Firman Tuhan mengenai Daud, Dorkas, dan Hana. Tokoh pertama, yaitu Daud, dengan tujuan mengajarkan anak-anak untuk beriman hanya kepada Tuhan dan menumbuhkan iman mereka untuk terus mengandalkan Tuhan di setiap aspek hidupnya, seperti Daud yang mampu mengalahkan Goliat. Tokoh kedua, yaitu Dorkas, untuk mengajarkan anak-anak nilai bermurah hati seperti Dorkas yang membuatnya dikasihi oleh Tuhan dan orang-orang di sekitarnya. Tokoh ketiga, yaitu Hana, yang mengajarkan anak-anak untuk bertekun dalam doa, seperti Hana yang terus berdoa meminta anak dan Tuhan mengabulkannya. 


Selain mengajarkan ketiga tokoh Alkitab di atas, Komisi Anak Agape juga mengajak anak-anak membuat kreatifitas, seperti menjahit gantungan kunci berbahan kain flannel yang berbentuk hati dan membuat tempat pensil berbahan dasar stik es krim yang nantinya akan dibawa pulang sebagai cinderamata. Walaupun anak-anak sempat merasa kesulitan saat menjahit, namun mereka tidak pantang menyerah. Mereka terlihat sangat fokus dalam membuat gantungan kunci dan tempat pensil. Di pertengahan sesi, semua anak menikmati makan siang bersama. Menu makan siang adalah nasi dan sup bakso. Walaupun sederhana, semua anak sangat lahap menghabiskan makan siangnya, bahkan beberapa anak juga meminta menambah makanan. 


Sebelum menutup acara ini, ada kegiatan bermain game bersama. Anak-anak dibagi menjadi tiga kelompok besar. Satu kelompok terdiri dari semua kategori kelas. Permainan ini menggunakan koran, di mana kaki anak-anak berdiri di atas koran tersebut, lalu bagian pinggir koran akan di potong-potong. Penentuan kemenangan adalah koran di kelompok siapa yang tersisa paling kecil, namun kaki anak-anak masih ada di atasnya. Akhirnya, permainan dimenangkan oleh kelompok 1 dan mendapatkan hadiah berupa berbagai macam snack yang bisa dimakan bersama teman kelompok. 


Pada akhir acara, tak lupa kami menutup dengan berdoa bersama, berterima kasih atas pertolongan yang Tuhan berikan sehingga acara bisa berlangsung dengan baik. Saat pulang, anak-anak dibagikan goodie bag berisi macam-macam snack. Melalui acara ini, Komisi Anak Agape berharap anak-anak dapat membawa berkat Tuhan dan mau hadir dalam ibadah Sekolah Minggu di kemudian hari. 


Sebagai penutup rangkaian acara SIL, keesokan harinya, 25 Juni 2023, Komisi Anak Agape mengadakan acara berenang bersama untuk para anak dan pendamping Komisi Anak. Untuk memeriahkan acara tersebut, pengurus membuat challenge seru-seruan untuk para pendamping dan volunteer, yaitu “seberapa bertahan Indomie kamu?”. Semua peserta sangat antusias dan kompetitif untuk memenangkan tantangan itu. 


Akhir kata, terima kasih untuk semua pendamping Komisi Anak Agape dan volunteer Youth yang telah berjerih lelah mempersiapkan rangkaian acara SIL 2023 ini. Kiranya semua kerja keras yang telah kita lakukan dapat membawa berkat bagi anak-anak dan kemuliaan untuk Tuhan Yesus.


Penulis: Orvala Tamarizka