Berita GKMI

Rukun, Damai, dan Ceria

| Rabu, 27 Maret 2024

Apa yang terjadi kalau para senior berkumpul? Tanggal 4 Juli 2023 yang lalu, Komisi-komisi Senior PGMW II bagian Utara yang terdiri dari GKMI Semarang, GKMI Demak, GKMI Lamper Mijen, GKMI Sola Gratia, GKMI Puri Anugerah, GKMI Progo, GKMI Sidodadi, dan GKMI Gloria Patri, mengadakan acara bertajuk Jumpa Sehari. Tema acaranya sederhana, yaitu “Rukun, Damai, dan Ceria.” Bagi orang yang sudah lanjut usia, ketiga hal ini sangatlah penting. 

Sebanyak 210 peserta menghadiri acara ini. Sebuah jumlah yang tidak sedikit! “Kami panitia merasakan bahwa sebuah kepercayaaan adalah anugerah. Meski kami sempat khawatir dana tidak mencukupi, tapi puji Tuhan dengan kesatuan hati para panitia dan pengurus, semuanya bisa tercukupi,” komentar Ketua Panitia, Ibu Ratna Kitanu. Jajaran panitia selain Bu Ratna adalah Bu Enny Setianto (sekretaris), Bapak Ibu Daniel Haryono (bendahara), Bapak Herman Sudjatmiko (Sie. Ibadah), Bapak-Ibu Timothy Tirto Hariyanto dan Bapak-Ibu Tri Hartono Widjaja (Sie. Umum), serta Bapak Ibu Pdt. Peter Hiendarto selaku pembimbing. Meski panitianya minimalis, tapi GGKMI PGMW II semuanya turut mendukung penuh acara ini dalam daya, dana, dan doa.

Susan Spa, Bandungan, yang memiliki pemandangan indah dan udara yang sejuk menjadi pilihan tempat berlangsungnya acara. Para opa-oma, emak-engkong, dan eyang-eyang putri berangkat dengan menggunakan mobil-mobil pribadi menuju lokasi. Acara diawali pukul 09.00 WIB dengan welcome drink sambil bertegur sapa setelah sekian lama tidak berjumpa. 

Setelah puas bertegur sapa, para senior berkumpul di lapangan. Rupanya mereka mau berolahraga Goyang Maumere. Meski sudah berusia lanjut, mereka bersemangat bergoyang mengikuti musik yang asyik. Acara yang tidak kalah menarik adalah Lomba Foto. Para senior dibagi ke dalam kelompok-kelompok secara acak. Tugas mereka adalah mengambil foto yang paling keren untuk dilombakan. Tidak disangka, mereka sangat antusias dan kreatif. Selain Lomba Foto, ada satu lomba kreatif lain yang diadakan oleh panitia, yaitu Lomba Cari Teman. Para senior diminta berkenalan dengan sebanyak mungkin senior dari GGKMI lain. Selain mengakrabkan, lomba ini juga mengasah ingatan, karena para senior harus mengingat nama-nama peserta yang lain. Sesudah lomba mereka pun menikmati makan siang.

Perut kenyang, hati senang. Kini tiba saatnya berkumpul di Main Hall untuk menikmati pujian dan Firman Tuhan. Dalam kesempatan ini, choir Komisi Senior GKMI Semarang dan GKMI Gloria Patri juga mempersembahkan pujian. “Acara ini dari awal Bapak-Ibu datang sudah di-setting agar rukun, damai, dan ceria. Rukun, damai, dan ceria karena kita belajar meninggalkan keakuan kita, berbaur dengan rekan-rekan senior dari GGKMI yang lain, bergoyang bersama, dan saling bekerja sama dalam lomba foto dan lomba cari teman. Semuanya kita nikmati dalam persekutuan sebagai satu keluarga di dalam Tuhan Yesus Kristus,” kata Pdt. Peter Hiendarto melalui Firman Tuhan yang berdasar kepada 2 Korintus 13:11. Acara ditutup dengan pengumuman hasil lomba dan penyerahan hadiah.

“Luar biasa antusiasme dari Komisi-komisi Senior GGKMI PGMW II bagian Utara. Kami para pengurus dan panitia sangat senang karena tema ‘Rukun, Damai, dan Ceria’ sungguh dapat terwujud dan dirasakan oleh kita semua. Mungkin ada yang bertanya, kenapa harus ada tambahan “bagian Utara” di judul acaranya? Ya karena PGMW II sangat luas dan terdiri dari 16 GGKMI, maka acara harus dipisah menjadi dua. Jumpa Sehari Komisi Senior GGKMI PGMW II bagian Selatan akan diadakan di akhir bulan Agustus nanti,” tutur Ketua Komisi Senior PGMW II, Bapak Mikhael dari GKMI Lamper Mijen. 

“Saya sangat terkesan bisa bertemu dengan para senior se-PGMW II. Acaranya sangat menarik dan rasanya akrab seperti keluarga sendiri meski baru pertama kali berjumpa,” kesan salah seorang peserta. Senang sekali rasanya ketika bisa melihat para senior sangat bersemangat.