Berita GKMI

Youth Exchange Indonesia

| Rabu, 28 Februari 2024

Tiga sinode gereja Mennonite di Indonesia, GITJ, GKMI, dan JKI, sedang menyiapkan sebuah program kunjungan dari kaum muda gereja-gereja Mennonite Belanda ke Indonesia. Kunjungan ini akan dilaksanakan 27 Juli hingga 19 Agustus 2024 bersamaan liburan para siswa di Belanda. 

Enam belas muda-mudi dari berbagai gereja Mennonite Belanda di bawah payung Dutch Mennonite Mission akan datang ke Indonesia. Mereka datang untuk membangun kembali relasi antara gereja Mennonite Belanda dengan gereja Mennonite Indonesia yang pernah terjalin dalam sejarah pekabaran injil di masa lalu oleh para misionaris Belanda yang datang dan memberikan diri untuk pemberitaan Injil di Indonesia. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa gereja-gereja Mennonite di Indonesia adalah hasil zending dari misionaris Belanda, yakni Pieter Jansz dan anaknya, Pieter Anthonie Jansz. Mereka telah berkarya dalam pekabaran Injil di Indonesia sejak tahun 1851 di Tanah Jawa, Jepara. Dan semangat memberitakan kabar sukacita dan kasih Tuhan Yesus Kristus itu masih ada sampai dengan saat ini.

Warisan sejarah ratusan tahun harus tetap dilestarikan untuk membangun sejarah baru dalam relasi dan kerja sama antara kaum muda gereja Mennonite Belanda dan Indonesia. Untuk itu, kita berharap untuk mulai menyalakan kembali api persekutuan dan persaudaraan di dalam Kristus sekaligus melihat karya kasih Tuhan Yesus Kristus di tanah air Indonesia.

Tujuan utama dari program kunjungan ini adalah membangun sebuah hubungan jangka panjang antara pemuda Mennonite Belanda dan Indonesia. Kita akan membangun sebuah jembatan bagi kaum muda gereja Mennonite Belanda dan Indonesia untuk terhubung lebih dalam. Bukan hanya terhubung melalui internet dan berbagi hal pengetahuan saja, tetapi kehadiran untuk belajar mengenai gereja sebagai komunitas iman, perayaan iman dan pelayanan anak muda, refleksi dan legacy, serta membangun komunikasi dan relasi yang baik untuk menciptakan jaringan dan kerjasama di antara pemuda Mennonite Belanda dan Indonesia. 

Dengan terwujudnya tujuan program ini, kita berharap akan muncul sebuah program kerja sama yang konkret antara gereja-gereja Mennonite di Belanda dengan gereja-gereja Mennonite di Indonesia yang dilandasi dengan nilai-nilai kerja sama, kehadiran dan perjumpaan, dan sikap saling menghargai satu dengan yang lain.

Dalam kunjungan kaum muda Mennonite Belanda selama tiga minggu di Indonesia, kita akan membangun persekutuan dan merayakan iman bersama-sama dalam sharing dan learning dengan gereja-gereja, melihat sejarah gereja-gereja Mennonite di Indonesia, pelayanan gereja di daerah perkotaan dan pedesaan, penginjilan dan pemuridan, pelayanan kaum muda dan digital media, musik dan gospel, budaya serta agama dan kepercayaan di Indonesia, kearifan lokal, perdamaian lintas iman dan toleransi, penanganan resiko bencana, kuliner, host family dan keramahtamahan, lingkungan hidup, hingga menikmati keindahan alam Indonesia. 

Mari kita bersiap untuk menyambut dan menemani mereka di Indonesia. Sebaliknya, kita berharap bahwa kaum muda gereja-gereja Mennonite Indonesia suatu kali nanti dapat terbang ke Belanda untuk belajar dan berbagi melalui persekutuan, persaudaraan dan perayaan iman di dalam Tuhan Yesus Kristus.